Pelatihan Penulisan Surat Dinas Bagi Guru TK Masyithoh 1 Purworejo


Seorang guru profesional sebagai pondasi pendidikan diharapkan tidak hanya menguasai materi sesuai dengan bidang keilmuannya (kompetensi profesional), tetapi mampu mengelola pembelajaran dengan baik (kompetensi pedagogik), memiliki kepribadian yang mantap berakhlak mulia, arif, beribawa, dan menjadi teladan bagi anak didik (kompetensi sosial) dalam rangka mewujudkan tujuan pembelajaran. Begitupun dengan upaya peningkatan kemampuan keterampilan berbahasa berkelanjutan, salah satunya adalah menulis. Karakteristik tuturan tertulis akan berbeda dengan tuturan lisan karena disampaikan tidak berkomunikasi langsung dengan mitra tuturnya sehingga diksi, struktur kalimat, sintaksis, morfologi, ejaan, dan bentuk tulis perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pelatihan dan praktik secara berkelanjutan untuk peningkatan pemahaman dan pembiasaan dalam kemampuan menulis.
Negitu pula dengan guru di Taman Kanak-kanak (TK), salah satunya di TK Masyithoh 1 Purworejo. Berdasarkan hasil penelitian di atas, bentuk kesalahan penulisan surat dinas yang dilakukan oleh guru TK Masyithoh 1 Purworejo terdapat empat, yaitu:  1) morfologi terdiri atas afiksasi dan komposisi; b)sintaksis, terdiri atas frase dan kalimat; c) diksi, terdiri atas ketepatan, kebakuan, keumuman, dan kehematan kata; d) ejaan, terdiri atas penggunaan tanda baca,huruf, dan lambang bilangan. Kesalahan paling banyak yang dilakukan adalah ejaan. Hasil tersebut disimpulkan perlu adanya pelatihan guna mengatasi permasalahan tersebut.


Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Cintya Nurika Irma, M.Pd. ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan yang ditujukanbagi guru di TK Masyithoh 1 Purworejo.Khalayak sasaran ini dinilai tepat dalam menumbuhkan motivasi dan pengetahuan guru dalam menulis surat dinas untuk kepentingan lembaga maupun pribadi. Sebelum pelaksanaan kegiatan, dilakukan kegiatan observasi guna mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dan membuat modul pelatihan. Acara kegiatan dilaksanakan selama satu hari dengan waktu 120 menit. Indikator keberhasil pelatihan ini, yaitu: 1) minimal 80% peserta dapat hadir dalam pelatihan, 2) minimal 75% dari peserta pelatihan mampu memahami tentang penulisan surat dinas dan mempraktikannya, dan minimal 75% dari peserta mampu mengoperasikan komputer maupun laptop guna merealisasikan ketercapaian penulisan surat dinas dalam bentuk ketik.