PKM: Pelatihan Jurnalistik dalam Pemberdayaan Potensi Menulis Majalah Sekolah Bermuatan Kearifan Lokal

Kegiatan “Pelatihan Jurnalistik Dalam Pemberdayaan Potensi Menulis Majalah Sekolah Bermuatan Kearifan Lokal SMK Al Huda Bumiayu” yang diselenggarakan pada tanggal 22 Mei 2024 bertempat di Ruang Kelas SMK Al Huda, Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. Peserta pelatihan yakni guru dan siswa di SMK Al-Huda sebanyak 20 orang terdiri dari 1 kepala sekolah, 3 guru, dan 11 siswa. Langkah kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi tahap tutorial dan pembekalan jurnalistik, tahap pelatihan peliputan berita tentang kearifan lokal di wilayah Bumiayu atau wilayah Brebes Selatan, tahap rapat redaksi penyusunan naskah majalah dengan konten kearifan lokal, dan tahap terakhir yaitu penerbitan majalah dalam bentuk cetak.
       Peserta pelatihan yakni guru dan siswa di SMK Al-Huda sebanyak 20 orang terdiri dari 1 kepala sekolah, 3 guru, dan 11 siswa. Langkah kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi tahap tutorial dan pembekalan jurnalistik, tahap pelatihan peliputan berita tentang kearifan lokal di wilayah Bumiayu atau wilayah Brebes Selatan, tahap rapat redaksi penyusunan naskah majalah dengan konten kearifan lokal, dan tahap terakhir yaitu penerbitan majalah dalam bentuk cetak.
      Penyelenggaraan kegiatan ini berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan. Peserta sangat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan. Respon dari peserta pun sangat baik. Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari peserta tentang kendala atau hambatan yang selama ini mereka hadapi. Para peserta, merasakan manfaat setelah mengikuti kegiatan ini.