PENERJUNAN MAHASISWA PPL UNIVERSITAS PERADABAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA, FKIP, UNIVERSITAS PERADABAN TAHUN 2024

Sebagai usaha untuk meningkatkan mutu lulusan tenaga kependidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Peradaban melaksanakan penerjunan mahasiswa yang akan melakukan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah mitra.

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu kegiatan kurikuler yang merupakan rangkuman dari seluruh program pendidikan yang telah dihayati dan dialami oleh mahasiswa di Universitas Peradaban. Oleh karena itu, PPL dapat diartikan sebagai suatu ajang pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam rangka pembentukan guru yang profesional. PPL adalah suatu program yang mempersyaratkan kemampuan aplikasi dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan berupa kinerja.

Program pelatihan berupa kinerja tersebut berkaitan semua hal dengan jabatan keguruan baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya. Melalui implementasi PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kopetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, 2 tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah.

Standar kompetensi PPL dirumuskan dengan mengacu pada tuntutan empat kompetensi guru baik dalam konteks pembelajaran maupun dalam konteks kehidupan guru sebagai anggota dalam masyarakat. Empat kompetensi guru yang dimaksud meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Kompetensi tersebut dirumuskan sesuai dengan amanat Undang - Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 Bab IV Pasal 10.