Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, UMNU Kebumen

Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBIN), FKIP, Universitas Peradaban menjalin kerja sama dengan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama (UMNU) Kebumen yang ditandai dengan penandatangan kerja sama pada hari Jumat, 23 Agustus 2024 di UMNU Kebumen. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Alek Andika, M.Pd. selaku Dekan FKIP, Rasyid Zuhdi, M.Pd. selaku Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Nahdiyah Hidayah, M.M.  selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Risdianto Hermawan, M.Pd. selaku Ketua LPPM, Muchlas Abror, M.A. selaku pengelola jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Ari Susanto, S.P. serta perwakilan Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, yaitu Prissilia Prahesta Waningyun, M.Pd., Rosita Sofyaningrum, M.A., dan Ririn Nurul Azizah, M.Pd. Selanjutnya, pihak dari Prodi PBIN, FKIP, Universitas Peradaban yang hadir yakni Dr. Cintya Nurika Irma, M.Pd. selaku Ketua Prodi PBIN dan Yukhsan Wakhyudi, M.Pd. selaku Dosen PBIN.

“Kerja sama ini diharapkan menambah relasi, aktualisasi kolaborasi, dan peningkatan kualitas antarprodi dalam pengajaran, penelitian maupun pengabdian. Terlebih kerja sama antara perguruan tinggi, fakultas, dan program studi menjadi kebutuhan sebagai upaya bekerja sama merealisasikan tujuan yang sama dalam ketercapaian tridarma. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia menjadi prodi perdana dalam mengimplementasi kerja sama antara Universitas Peradaban dan UMNU Kebumen. Tentu kerja sama ini sebagai penguat motivasi antarprodi untuk saling berkontribusi melengkapi yang direalisasikan melalui program dan kegiatan nantinya, ujar Alek Andika, M.Pd. selaku Dekan FKIP UMNU Kebumen”.

Hal senada disampaikan oleh Dr. Cintya Nurika Irma, M.Pd. selaku Kaprodi PBIN, FKIP, Universitas Peradaban dalam sambutannya menyampaikan bila kerja sama antara Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia diharapkan dapat menjadi komitmen bersama dan bersinergi dalam mengembangkan, memperbarui, meningkatkan, dan melakukan evaluasi dalam pelaksanaan tridarma di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Peradaban dan UMNU Kebumen. Kegiatan dilanjutkan dengan penandatangan kerja sama antara Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Peradaban dan UMNU Kebumen.


Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi antara Kaprodi dan Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Peradaban dan UMNU Kebumen. Rasyid Zuhdi, M.Pd. selaku Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, UMNU Kebumen menambahkan jika kerja sama menjadi momentum yang apik sebagai pengoptimalan keterlibatan dalam proses, kemajuan, dan pencapaian tridarma antara kedua prodi. Pada pertemuan ini juga dibahas rencana program kegiatan yang akan dilakukan antara kedua program studi, salah satunya acara terdekat yakni kolaborasi dalam kegiatan seminar nasional.