Potret Kehidupan dalam “Antologi Cerpen Pipi Over Size” Karya Mahasiswa PBSI Universitas Peradaban Bumiayu

Identitas Buku

Judul                           : Pipi Over Size

Pengarang                   : Mahasiswa PBSI Universitas Peradaban Bumiayu

Penerbit                       : CV. Intishar Publishing

Tahun terbit                : 2018

Jumlah halaman       : 216 halaman

Jenis Buku                  : Fiksi

Cetakan ke-                 : I

ISBN                           : 978-602-2692-76-5

Layaknya sebuah kegiatan rutinan wajib, setiap tahun Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia menerbitkan karya mahasiswanya dalam bentuk antologi. Baik itu cerpen, puisi, maupun artikel. Antologi Cerpen Pipi Over Size yang diterbitkan pada tahun 2018 menjadi salah satunya. Judul Pipi Over Size diambil dari salah satu judul cerpen karya mahasiswa yang juga tampil sebagai pembuka dari antologi cerpen tersebut.

Antologi cerpen Pipi over Size memiliki 21 judul karya dari masing-masing mahasiswa. Setiap mahasiswa memiliki ciri kepenulisan yang berbeda begitu pula ciri kepenulisan yang ditemukan dalam Antologi Cerpen ini. Sebagai pembuka, Cerpen Pipi Over Size memang layak ditempatkan di urutan pertama, sebab judul yang unik dan isi pesan dari cerita yang menarik. Pipi Over Size menceritakan tentang seorang gadis bernama Amora yang tak diakui identitasnya. Ia justru lebih dikenal dengan julukan Pipi Over Size saat dirinya masih berada di bangku sekolah.

Waktu terus berjalan begitupun kehidupan. Gadis yang memiliki panggilan Pipi Over Size kini telah berbeda. Gadis bernama Amora bangkit dari keterpurukannya menjadi gadis yang memiliki paras cantik bak bidadari, bukan hanya parasnya namun cara berpikirnya juga. Seperti kutipan dalam cerpen, Amora bukan hanya sekedar bidadari namun juga malaikat hati.

Meski judulnya Antologi Cerpen Pipi Over Size, namun setiap cerpen mengambil tema berbeda. Kebanyakan cerpen mengambil tema kehidupan, ada romansa remaja, kisah keluarga, dan juga supernatural. Antologi Cerpen Pipi Over Size kaya akan nilai-nilai kehidupan seperti bangkit dari keterpurukan, berusaha meraih cita-cita, pengorbanan, patah hati, kesetiaan, keikhlasan, dan tabah.

Dari keseluruhan cerpen, ada satu cerita yang membuat saya selalu teringat. Yakni cerpen Menanti Embun Bersama Hujan karya Siti Zulaekha. Selain nama karakter yang unik, ide cerita yang tertuang terasa hidup. Singkat cerita, seorang mahasiswi menyukai kakak tingkatnya, hingga tiba satu hari di mana dia benar-benar merasa berarti di kehidupan pemuda yang dikaguminya. Namun harapan tak bertahan lama sebab kenyataan pahit yang harus diterima sang gadis bahwa pemuda yang dikaguminya telah memiliki tambatan hati. Meski akhir yang mengecewakan namun beberapa menit yang saya habiskan untuk membaca cerpen tersebut benar-benar membekas di hati saya yang memang suka genre romansa remaja.

Setiap kelebihan pasti memiliki kekurangan begitupun sebaliknya. Kelebihan buku ini yakni judul yang unik, halaman sampul yang fresh, bukuyangkeren sebab karya mahasiswa bisa diabadikan menjadi sebuah karya. Kekurangan dari buku Antologi ini, karena judul Antologi menggunakan judul salah satu karya jadi antara isi keseluruhan cerpen dengan judul tidak selaras. Ciri kepenulisan setiap cerita pun berbeda, ada yang benar-benar bagus mulai dari diksi juga alur, ada juga yang biasa saja.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan, Antologi Cerpen Pipi Over Size layak dibaca semua kalangan baik untuk mengisi waktu luang sebab konflik yang ringan atau sekedar menambah list bacaan.

Penulis: Saniatul Khoeriyah