Membangun Jaringan Alumni yang Kuat: Silaturahmi dengan Dosen

Dr. Cintya Nurika Irma, M.Pd. selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang baru ingin menghidupkan kembali silaturahmi antara IKABIN (Ikatan Alumni PBIN) dengan dosen. Sebagai langkah awal, beliau mengadakan temu sapa daring via G-Meet pada Sabtu, 23 September 2023.

Ikatan alumni PBIN merupakan sebuah organisasi yang berdiri dibawah naungan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Peradaban. Organisasi ini bertujuan untuk menjaga hubungan antara alumni, serta mendukung pendidikan di almamater mereka. Adanya  IKABIN juga mengajak keterlibatan alumni dalam kegiatan universitas.

Silaturahmi antara alumni mahasiswa dengan dosen adalah hubungan yang penting dalam dunia pendidikan tinggi, selain berdampak pada pengalaman belajar dan perkembangan karir alumni. Adanya IKABIN juga sebagai wadah bagi para alumni untuk mendapat saran atau berbagi pengalaman setelah lulus.

Disamping sebagai Kaprodi PBIN Dr. Cintya Nurika Irma selaku pembina IKABIN berusaha menghidupkan kembali Ikatan Alumni PBIN yang sempat vakum karena tidak adanya program kerja yang terlaksana. Dengan itu beliau mengajak para alumni untuk berdiskusi mengenai beberapa hal diantaranya kepengurusan dan data alumni, program alumni mengajar, kolaborasi penelitian dan PKM, penyediaan bursa kerja, serta program kerja yang sifatnya berkelanjutan.

“Kalau saya amati dari alumni peradaban saja tidak ada kegiatan apalagi alumni prodi. Mungkin karena hal itu tidak terlampir dalam AD/ART sehingga mempersulit langkah kita dikepengurusan untuk melakukan kegiatan” tutur Mas Kusuma (ketua IKABIN periode 2021-2023).

“Insyaallah kalau kita ada komunikasi rutin seperti ini, mungkin akan lebih baik lagi kedepannya, asal komunikasinya tidak putus.” Sambung Mas Kusuma

Menanggapi pernyataan dari mas Kusuma, mba Devi selaku Sekertaris IKABIN tahun 2021 menyampaikan harapan harapan terhadap kepengurusan IKABIN.

“Saya berharap di kepengurusan yang baru  nantinya akan semakin baik, meskipun kita jauh secara raganya tapi kita dekat di hati. Maksudnya melalui grup WhatsApp dan sebagainya kita gunakan sebagai penyambung terbaik dalam kondisi kita yang saling berjauhan”

Terbentuknya Ikatan Alumni Bahasa Indonesia (IKABIN) bertujuan untuk memperkuat ikatan antara alumni, memberikan manfaat bagi anggotanya serta mendukung perkembangan institusi pendidikan tersebut, sehingga yang dimaksud disini, IKABIN bukanlah organisasi yang terbentuk karena formalitas saja melainkan sebagai wadah untuk terus berkontribusi serta menjalin jaringan sosial yang bermanfaat.

Penuls: Tim