Sapaan Hangat “MABA PBIN” Membuka Pintu Perjalanan ke Dunia Kampus

Sapa mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan suatu kegiatan rutin yang dilaksanakan Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesian, kegiatan tersebut agenda yang dilaksanakan setahun sekali untuk menyambut mahasiswa baru. Tujuan diadakannya sapa mahasiswa baru agar mahasiswa baru lebih mengenal tentang program studinya dan juga berkenalan dengan teman-teman satu program studinya, karena perkenalan adalah awal dari silaturahmi antar sesama dan pintu gerbang menuju koneksi sosial yang lebih luas atau mendalam.

Himpunan mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia telah sukses melaksanakan kegiatan sapa mahasiswa baru pada Senin, 25 September 2023 dengan tema “Tanam Kebersamaan, Pupuk Persatuan, dan Hasilkan Persaudaraan. Dalam kegiatan tersebut Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia mengundang Ketua Program Studi dan Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia.

Dari tema “Tanam kebersamaan, Pupuk persatuan, dan Hasilkan Persaudaraan” mempunyai makna masing-masing. Tanam kebersamaan merujuk pada kebutuhan untuk menanamkan semangat musyawarah dan kerjasama antar anggota himpunan mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Semua anggota harus saling mempertimbangkan dan menerima pendapat anggota lain dalam pengambilan keputusan. Pupuk Persatuan menunjukan kebutuhan untuk mempertahankan kesatuan diantara anggota himpunan mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia, meskipun mungkin dapat muncul perbedaan dalam berpendapat atau presepsi. Persatuan yang kuat dan solid akan memberikan basis ketika terjadi permasalahan yang memerlukan tindakan bersama untuk diatasi. Sedangkan Hasilkan persaudaraan menekankan pentingnya menjalin persahabatan yang erat antar anggota himpunan mahasiswa maupun ruang lingkup keluarga Pendidikan Bahasa Indonesia sehingga menciptakan kelompok yang menyatu dan saling menghargai. Sikap saling percaya dan saling mendukung antar sesama akan menjadikan organisasi lebih kuat dalam menghadapi suatu tantangan, serta bisa meningkatkan pengaruh dan popularitas keberadaan organisasi di lingkungan Universitas Peradaban.

Jadi dari tema tersebut saling berkaitan dan saling memengaruhi satu sama lain. Ketika kebersamaan dan persatuan kuat, maka akan menghasilkan persaudaraan yang baik. Tanpa persatuan dan kebersamaan, persaudaraan tidak akan mungkin terwujud. Oleh karena itu, tema ini menjadi pengingat bagi seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia agar selalu menjaga kerjasama dan solidaritas antar sesama untuk mencapai tujuan bersama.

Acara pertama dimulai dengan perkenalan, mulai dari Dr. Cintya Nurika Irma M.Pd selaku ketua program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, kemudian disusul dengan beberapa dosen yang turut hadir seperti Yukhsan Wakhyudi M.Pd dan Moh. Shofiuddin Shofi M.Pd, dilanjutkan Ketua himpunan mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia yaitu Muhammad Yahdi Urfan dan dilanjutkan perkenalan dari seluruh anggota himpunan serta mahasiswa baru Pendidikan Bahasa Indonesia.

Sebagai pembuka Dr. Cintya Nurika Irma M.Pd selaku ketua program studi Pendidikan Bahasa Indonesia menyambut mahasiswa baru dengan beberapa patah kata dan menjelaskan tentang seputar perkuliahan didalam Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia itu sendiri kepada mahasiswa baru agar lebih memahami sistem perkuliahan nantinya, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan organisasi mahasiswa oleh Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia tentang program kerja yang akan dilaksanakan didalam setiap divisinya masing-masing.

Dalam tengah-tengah  kegiatan sapa mahasiswa baru ini juga diisi dengan penampilan-penampilan yang luar biasa dari anggota himpunan mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia itu sendiri seperti puisi, musikalisasi puisi, dan bernyanyi bersama yang bertujuan untuk mencairkan suasana yang canggung antara mahasiswa baru dengan keluarga Pendidikan Bahasa Indonesia yang sebelumnya dan mengenalkan tentang sastra melalui musikalisasi puisi atau lagu  yang dinyanyikan secara bersama-sama oleh anggota himpunan mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Acara selanjutnya ditutup dengan foto bersama.



Kegiatan sapa mahasiswa baru dapat terlaksana dengan sukses, Kami dari keluarga besar Pendidikan Bahasa Indonesia mengucapkan selamat datang di Universitas Peradaban Bumiayu khususnya di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia kepada mahasiswa baru. Kami berharap perjalanan pendidikan seluruh mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia semoga selalu kompak dan semakin maju serta dapat membawa inspirasi dan pencapaian yang luar biasa.

Reporter: Sabila Fitri Auffa, Saniatul Khoeriyah, dan Liza Qaolan Syadida

PBIN Berkarakter, Berkolaborasi, Berkarya, dan Berprestasi