BULAN BAHASA PBIN 2023

Selasa, 12 Desember 2023, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia telah sukses menyelenggarakan kegiatan Workshop dalam rangka memperingati Bulan Bahasa. Workshop yang diselenggarakan kali ini bertemakan “Pelatihan Penulisan Kreatif dalam Karya Sastra Puisi” yang dilaksanakan di Pendopo Kawedanan, Bumiayu.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia berhasil mendatangkan pembicara untuk mengisi acara workshop yaitu Dr. Achmad Sultoni, M.Pd yang ahli dalam kepakaran puisi. Pembicara membawakan materi yang sangat menarik terkait pelatihan penulisan kreatif dalam karya sastra puisi dengan detail dan sangat jelas. Dalam workshop kali ini, beliau menyampaikan bahwa “Menulis itu berasal dari peristiwa dan kenangan yang berkelindan”. Kalimat tersebut bermakna tulisan sering kali menjadi cara kita untuk merekam, memproses, dan mengungkapkan pengalaman yang telah kita alami. Dengan menuliskan peristiwa dan kenangan tersebut, kita dapat merenungkan makna di baliknya, menggali pemahaman yang lebih dalam, dan bahkan berbagi pengalaman dengan orang lain.

Workshop yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia ini memiliki tujuan agar penulis dapat mengungkapkan perasaan dan pemikiran mereka dengan cara yang indah dan mendalam melalui kata-kata. Melalui latihan ini, penulis dapat meningkatkan kreativitas mereka, memahami elemen-elemen puisi, dan menghasilkan karya puisi yang menarik dan bermakna. Dengan demikian tujuan ini dapat memberikan kebebasan ekspresi serta memperkaya kemampuan komunikasi melalui bahasa sastra.